pesan3

Senin, 19 Desember 2011

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP (I)

Ir. Muallif Badawi, MM
Kepala SD Muhammadiyah II Berua

A.    Latar Belakang

Masyarakat dan pemerintah mengharapkan generasi muda Indonesia memperoleh standar pendidikan yang tinggi sehingga dapat menjadi pemimpin, manajer dan inovator yang efektif dan mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang disebabkan oleh teknologi dan globalisasi. Dengan demikian siswa perlu untuk berperan serta secara efektif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan secara spesifik tercantum dalam tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia seperti tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  pada BAB II pasal 3 yaitu: 
“ Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,  mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab “.
            Jarak antara konsep dengan sebuah realita kadang kala bagai bumi dan langit, kadang kala pula bagai antar mulut dengan hidung, begitu dekatnya.  Akan tetapi perjuangan untuk merealisasikan antara konsep dengan realita  disitulah terdapat pengalaman pahit dan manisnya.
Untuk dapat mencapai harapan di atas, dibutuhkan suatu mekanisme pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik tidak bisa lepas dari kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah dan kebijakan-kebijakan di bidang pendidikan yang berorientasi dan berpihak kepada masyarakat. Kenyataan yang terjadi di sekolah membutuhkan kurikulum yang aplikatif dan mudah diterapkan oleh guru dan berhasil guna bagi siswa.  Hal ini merupakan kebutuhan mendesak yang tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk segera mengembangkan dan melaksanakan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar